#11 Kesalahan Umum Blogger Dalam Menerapkan Teknik SEO

Google telah memperbarui algoritma mesin pencari, SEO harus menyesuaikan!


Kesalahan blogger dalam teknik SEO


Masih banyak blogger pemula yang salah dalam melakukan optimasi blog ataupun menulis artikel, sehingga blognya gak pernah ramai, atau bahkan gak ada pengunjung.

Maka dari itu, STOP sekarang juga yah kalau kamu masih ngeblog pake cara-cara atau teknik SEO berikut:

1. Spam Comment Backlink

Jangan melakukan blogwalking yang seperti ini. Main kesana-kemari terus ninggalin komentar yang gak berkualitas di blog orang lain.

Komentarnya bisa di anggap spam, dan link yang kamu beri di komentar tersebut di anggap spam juga. Bisa berakibat buruk untuk blog yang kamu miliki.

2. Menulis Menggunakan Bahasa "Alay"

Maksudnya, kalau ngeblog tolong di usahakan tulisan kamu harus berkualitas. Jangan menggunakan singkatan seperti "cara ngblg yg baik n bnar", orang bakalan bingung ini blog atau SMS 😰

Pastikan tulisanmu udah baik, beginilah contoh penulisan artikel yang baik dan benar.

3. Share Gak Jelas

Apa kamu pernah nge-share artikel blogmu ke forum-forum atau facebook? Apakah konten yang kamu share sesuai dengan topik yang dibahas disana?

Jangan sampai artikel kamu gak ada hubungannya dengan media share tersebut. Misalnya, artikel kamu membahas tentang "cara ngeblog yang benar", tapi kamu nge-share di forum motor. Walah, ini nih penyakit orang Indonesia. Keterlaluan kalau sampai seperti itu.

4. Menabur Banyak Keyword

Karena Google udah punya update baru, jadi untuk kamu yang masih suka menabur banyak keyword di 1 konten, siap-siaplah menanggung resikonya.

Baca: Optimasi SEO yang harus dilakukan pada tahun 2017

Dulu, saya juga sering seperti itu. Keyword dimana-mana, paragraf 1, 2, 3 sampai akhir harus mengandung keyword. Tapi sekarang, GAME OVER!

5. Melupakan Kecepatan Blog

Google sekarang lebih suka website yang punya size kecil atau loading yang cepat. Karena dengan begitu, pengunjung akan lebih betah berlama-lama di web.

Optimasi blogmu menjadi lebih cepat, supaya pengunjung gak kabur!

6. Internal Link

Jangan sekali-kali memberikan informasi internal link yang gak valid. Antara anchor text dengan link yang di sisipkan harus relevan.

Google mengetahui mana konten yang relevan dan mana yang gak relevan. Kalau sampe kena webcrawler, nanti bisa-bisa blogmu kena amuk Google fred (algoritma baru).

7. External Link

Terlalu banyak external link yang menuju ke website-website kecil atau gak berkualitas. External link harus menuju ke sumber yang benar-benar memiliki "Trustflow Domain" yang bagus.

Contohnya seperti ngelink ke tutorial html css.
Atau ngelink ke panduan blogging.

8. Terlalu Banyak Heading

Dalam 1 konten harus dibatas, berapa heading, berapa subheading dan berapa banyak minor-heading yang akan di gunakan.

Kalau terlalu over, atau penempatannya gak tepat, siap-siap nilai SEO blogmu turun.

9. Melupakan Optimasi Gambar

Gambar itu bisa di optimasi loh, untuk menunjang SEO blog maka gambar yang kamu sisipkan harus diberikan "Alt Image" atau Alt tag yang fungsinya untuk memberi tau mesin pencari bahwa gambar tersebut adalah apa yang kamu tuliskan di Alt Tag.

Karena mesin pencari gak bisa tau gambar itu mengenai apa, maka dari itu kamu harus mengisi alt tag pada gambar yang kamu sisipkan di artikel.

10. Terlalu Fokus Jumlah Post Tanpa Memikirkan Kualitas

Yang terpenting sebenarnya adalah content quality, bukan banyaknya jumlah postingan pada suatu blog. Kalau konten kamu banyak tapi gak berkualitas itu sama aja dengan bohong.

Google lebih menyukai konten yang berisi lebih dari 1000 kata tapi memiliki kualitas yang baik, dan di nilai juga dari berapa lama pengunjung berada di konten tersebut.

11. URL Gak di Optimasi

Penting untuk di ketahui, bahwa URL artikel yang kamu punya itu sangat berpengaruh pada SEO. URL yang lebih singkat, padat dan jelas lebih disukai mesin pencari.

kamu harus bisa menentukan URL yang tepat, bagaimana caranya supaya URL tersebut menjadi lebih efektif di mesin pencari agar blogmu SEO Friendly.



Dari 11 Kesalahan diatas, mana kesalahan teknik SEO yang paling sering kamu lakukan?

Mudah-mudahan sekarang gak lagi yah!

2 comments:

  1. lagi demam algoritma fred bro.. poin 6 dan 7 lagi bener-bener diperhatiin sama google, da banyak para senior yang kena di imbasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget gan, bahkan traffic mereka anjlok lebih dari 70% :(

      semoga cepat sembuh deh yah

      Delete