#5 Manfaat Menulis Artikel di Blog Sendiri

Dulu saya sering berfikir, "kenapa saya menulis?"

Pertanyaan itu hampir berminggu-minggu gak bisa di jawab diri sendiri. Tapi sekarang saya tahu manfaat menulis artikel bagi penulis —seperti saya.


manfaat menulis artikel di blog sendiri

Kalau kamu membaca artikel ini, berarti secara gak langsung kamu ingin tau manfaat apa saja yang belum di ketahui. Iya kan?

Banyak yang bilang bahwa menulis artikel di blog itu mendapatkan uang. Memang benar, tapi gak semudah itu...
Walaupun banyak cara untuk mendapatkan uang lewat blog, tapi karena kesalahan-kesalahan umum yang sering di lakukan blogger pemula membuat mereka GAGAL di tengah jalan.

Kenapa blogger rela waktunya terbuang hanya untuk menulis di blognya sendiri? Inilah #5 manfaat yang saya rasakan ketika mulai menulis di blog.


1. Meningkatkan skill

Seperti seorang vokalis, ketika ia pertama kali manggung pasti mempunyai rasa grogi sehingga suaranya gak keluar dengan baik. Nah, dunia blogging pun sama, manfaat menulis bagi seorang blogger akan di rasakan kelak ketika ia sadar.

Secara gak saya sadari, kemampuan menulis saya semakin hari semakin hebat.

Yang dulunya saya menulis artikel penuh dengan singkatan-singkatan "gaul" yang bikin mata perih :D sampai menjadi seperti sekarang ini. Hal tersebut merupakan peningkatan bagi saya pribadi sebagai seorang blogger pemula.


2. Apresiasi dari orang lain

Seorang blogger dengan penulisan artikel yang baik akan mudah mendapatkan apresiasi dari orang lain. Baik berupa backlink, komentar, ataupun hal lainnya, sehingga menciptakan manfaat yang saling menguntungkan.

Contohnya,

Ketika saya menulis artikel dengan bahasa penulisan yang baik, maka suatu saat bakalan ada orang yang memberikan apresiasi. Misalnya, dia memberikan komentar atas apa yang saya tuliskan pada artikel tersebut.

Hal itu menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk seorang blogger seperti saya...


3. Menambah teman

Seperti yang tadi saya bilang, dengan adanya orang lain yang memberikan apresiasi, secara gak kamu sadari hal tersebut bisa kamu jadikan peluang untuk menambah teman sesama blogger. Dengan begitu, kamu punya banyak referensi untuk ide-ide cemerlang yang akan kamu buat di blog.

Kalau kamu sulit mendapatkan teman sesama blogger, coba kamu komentari artikel ini. Saya akan sangat senang jika kamu melakukan hal tersebut.


4. Belajar mengoreksi diri

Menulis itu sebenarnya adalah hobi, tapi gak jarang juga menulis di jadikan ajang kreatifitas, dan adu gengsi. Tapi dengan menulis, saya mendapatkan manfaat lain berupa pemikiran positif.

Saya bisa belajar mengoreksi diri, dari yang dulunya masih acak-acakan dalam hal nulis-menulis, sekarang saya berhasil merubah hal buruk tersebut menjadi lebih baik.

Gara-gara sering menulis, saya sedikitnya jadi tau cara penulisan yang baik dan benar.


5. Menambah pahala

Seorang blogger pasti berbagi hal penting dalam hidupnya dan di implementasikan di dunia blogging. Contohnya seperti blog IBH ini, pengalaman saya selama 9 tahun ngeblog membuat saya merasa mampu untuk berbagi mengenai dunia blogging, supaya kalian gak mengalami hal buruk seperti saya dulu.

Dengan begitu saya akan mendapatkan pahala, dan kamu sebagai seorang pengunjung yang setia membaca artikel di IBH juga mendapatkan pahala karena telah membantu dan memotivasi diri saya untuk terus membuat postingan yang berkualitas.



Menurut kamu, apa manfaat yang kamu rasakan sama dengan yang saya rasakan?
Kalau beda, apakah kamu keberatan jika saya mengetahuinya?

Semoga saja kamu dapat berbagi juga manfaat menulis artikel versi kamu sendiri pada kolom komentar di bawah sini.

0 comments

Post a Comment