Blog Indonesia Yang Update Pada Kemana?

Jalan-jalan kesana kemari gua kagak nemu blog Indonesia yang masih update hingga sekarang, mungkin salah satu diantaranya yang masih up to date yaitu maxmanroe. Tapi sekarang bukan owner-nya yang nulis, jadi sensasi baca artikelnya kurang dapet gitu deh.

blog indonesia yang update


Ini antara gua yang gak bisa nemu blog-blog hidden tersebut, ataukah memang pada gak update blog lagi?

Makanya buat loe yang masih update blog, komentar dong biar eksistensi-nya gua tau dan bisa baca-baca artikel terbarunya.

Kalau dulu sih ada mba Indri juragan cipir, ada mas sugeng, dan blogger-blogger lainnya yang se-niche. Tapi sekarang gua gak tau siapa yang still aktif, bahkan searching sana sini hanya beberapa aja itupun blog besar yang bisa dikatakan hanyalah media (bukan owner yang original nulis artikel).

Sedikit referensi dari gua, kalian bisa baca-baca artikel seputar blog di maxmanroe, juragancipir, blogoodolar, strukturkode. Itu adalah web blog yang selalu gua kunjungi, tapi akhir-akhir ini artikelnya jarang keluar yang terbaru, yang ada malah random home feed.

Maka dari itu maklum budaya baca orang Indonesia menurun dan lebih memilih youtube ketimbang blog, karena memang blogger Indonesia banyak yang OFF.


Tapi mudah-mudahan di tahun 2018 ini banyak lagi blogger yang datang, menghibur dan menambah wawasan para pengunjung.



Kenapa blog Indonesia jarang update


Sementara yang gua analisa kenapa blogger Indonesia gak pada update lagi, antara lain:

  • Membuat blog baru yang lebih terjamin masa depannya
  • Membuat blog dengan bahasa inggris sehingga traffic-nya bersumber dari banyak negara dan earning lebih banyak
  • Benar-benar pensiun dan beralih jadi youtuber
  • Udah di jalanin sama orang lain
  • Berbisnis konvensional
  • Penghasilan kurang menjanjikan atau gak sesuai dengan usaha


Kalau loe tau blog mana aja yang sering update, boleh kasih tau gua sebagai referensi bersama. Atau bahkan loe punya blog baru? Silahkan komentar disini supaya gua bisa berkunjung, barangkali aja ada bahan-bahan yang inspirasional untuk dibaca.

Salam 1 pena!

10 comments:

  1. saya baru ngeblog tahun ini malah wkwk mampir mampir yogaprasetyo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan, yang penting karya original :D

      oke nanti mampir gan, makasih udah mampi sini

      Delete
  2. Blogger sekarang sukanya pada ngumpet dan males komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah berubah ya budaya nya gak seperti dlu lagi

      Delete
  3. Jawabannya ada pada poin nomor 3 sepertinya... :)
    btw saya juga baru aktif lagi 2 bulan belakangan ini
    miris yaaa kta :(
    semangat terus gan
    jangan biarjan ilmu kita ikut terkubur saat mati nanti

    ReplyDelete
  4. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Daftar Sabung Ayam S128 Terpercaya Di Indonesia


    Agen Sbobet Bola


    www.ayambakar.live

    ReplyDelete
  5. thanks for sharing, sukses terus..

    ReplyDelete
  6. nampaknya banyak yang beralih ke youtuber mas.

    saya aja sekarang kalau cari informasi, lebih banyak cari di youtube.

    salam

    ReplyDelete
  7. 2021 , Mulai Ngeblog lagi ..
    Ganti Tema seputar Bisni
    Karena Lg di Jaman Krisis karena Covid 19

    ReplyDelete