Rollback: Punya 25 Niche Blog - EPISODE #1

Biarkan saya untuk bercerita ya kawan. Saya ingin menceritakan kisah ngeblog saya yang suram (dulu), dan untungnya sekarang udah berubah 180o.


Rollback episode 1 - indobloghelper series

Adakah dari kalian yang mengelola lebih dari 1 blog?
Pasti ada, makanya kamu baca artikel ini. Iya kan? he..he..

Ada 4 Chapter pada Rollback episode #1 ini:
Klik pada tombol chapter jika ingin baca langsung

KARENA TAHUN 2017 INI "NO PIC = HOAX", Maka saya sertakan screenshot 25 blog tersebut:

Rollback 25 niche blog episode 1
rollback series - episode 1 25 niche blog - indobloghelper


Sebenarnya ada lebih dari 25 blog, tapi karena 25 blog ini mempunyai sejarah yang menyedihkan, maka saya jadikan episode blogging (kaya sinetron aja ye? hehe).

Tapi sebelum lebih jauh, saya ingin sedikit memberikan catatan:
  1. Ini adalah kisah nyata
  2. Tidak ada rekayasa
  3. Tidak di beri bumbu (pemanis atau sejenisnya)
  4. Banyak screenshot yang saya sertakan supaya menghindari unsur HOAX

THIS IS THE REAL 100% BLOG NETWORKING

BUT,

IM FALLING AND UNABLE TO STANDUP AGAIN


Dan mungkin artikel ini akan menjadi salah satu artikel saya yang paling panjang. Mungkin juga akan saya jadikan seperti "#episode".

Baiklah kita mulai saja #episode 1 dari Rollback: Punya 25 Niche Blog (Tak #1 pun terawat)

Awal Mula Ngeblog


Saya lupa tepatnya kapan, tapi yang saya ingat sepertinya di sekitaran tahun 2009 atau 2010. Waktu itu saya adalah seseorang yang gak begitu suka membuka internet —bahkan baca-baca di internet adalah hal yang enggan bagi saya.

Entah kenapa tiba-tiba saya nyasar di salah satu forum terbesar se-Indonesia, iya kamu pasti tau. Forum yang di dominasi dengan warna oren dan biru itu menjadi tempat pertama saya berbincang di internet.

id tua mimin IBH blog
Akun itu di banned permanen karena saya nge-share program "bot auto reply" di forum tersebut. Ah sudahlah saya fikir...

Dan dari situlah saya memulai untuk berfikir seperti ini,

Ngapain saya ngeramein forum orang lain, kenapa saya gak bikin forum sendiri aja. Rugi dong, udah mah Andrew darwis orang yang tergolong kaya, tambah lagi saya yang selalu bikin postingan berkualitas disana —sebelum membuat program bot auto reply.

Tapi karena ilmu saya yang gak cukup untuk membuat forum sendiri, karena harus mempersiapkan modal yang lumayan besar seperti: persiapan server, domain website, marketing, promosi, persaingan dll.

Maka dari itu saya mencari-cari apa yang harus saya lakukan, ternyata ada blogger.com. Ketika pertama kali membaca tentang blogger.com ini saya sangat tertarik, walaupun sama-sama nebeng jadi member juga tapi setidaknya blogger lebih fleksibel, kita bisa ngoding ataupun mengganti tampilan halaman web sendiri.



Kepastian Yang Gak Pasti


Setelah berhari-hari saya ngeblog, ternyata gak ada pengunjung sama sekali. Setiap hari saya melihat statistik yang di sediakan oleh blogger.com ini, tapi tetap aja nihil...

Saya sering baca-baca artikel orang lain yang menyatakan bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan uang, tapi nyatanya mana? Pengunjung aja kok kagak ada sih!

Saya mulai cari tau letak kesalahan saya dimana...

OH MY GOD,

Ternyata saya menemukannya, blog yang saya buat tersebut enggak ada niche-nya. Apapun saya bahas, dan saya ingat betul postingan pertama saya berjudul "Planet yang hidup selain bumi" di posting pada tanggal 13 Agustus 2010.

artikel pertama indobloghelper
artikel pertama saya

Saya bener-bener buta dalam hal menulis, gak tau harus nulis apa, gak tau yang namanya niche. Ya makanya jadi seperti itu. Dan yang paling kocak adalah artikel saya di blog lainnya pada tahun 2010, judulnya "Aplikasi memandikan Jenazah". 😵



Bagaimana Saya Memilih Niche


Karena saya frustasi akhirnya saya lebih belajar lagi mengenai blogging. Gak tau ambisi datang dari mana, tapi yang jelas saya selalu berusaha.

List artikel saya mengenai Niche

Setelah baca-baca akhirnya saya mengerti juga mengenai apa itu niche dan bagaimana cara memilih niche yang cocok untuk saya.

Awalnya saya memilih niche random ( Ya ilah, kok malah niche random sih? ). Niche random tapi yang sedikit terstruktur, jadi saya menulis artikel sesuai apa yang saya suka. Dan untungnya yang saya suka adalah teknologi, buku, internet dan hobi. Jadi kontennya gak terlalu berjauhan.

Itulah maksud dari niche random yang terstruktur ( versi saya ).

Untuk kamu yang bingung menulis atau memilih bahasa yang tepat, silahkan baca artikel saya yang ini ->

SECUIL TIPS | KESIMPULAN

Dari pengalaman saya di rollback episode #1 ini, kamu bisa mendapatkan beberapa hikmah dan pelajaran dalam dunia blogging.
  • Tentukan tujuan
  • Pilih kesukaan
  • Belajar menulis
  • Jangan membuat banyak blog terlebih dahulu
  • Fokus pada 1 blog

Itulah kisah dan pengalaman saya mempunyai niche banyak, belum cukup sampai disini... Nanti akan saya ceritakan lagi perjalanan blogging saya dari tahun 2010 sampai bisa seperti saat ini. Nanti juga saya akan share bagaimana pengalaman dan kebahagiaan saya ketika berhasil menduduki peringkat pertama di mesin pencari dari 880 JUTA pencarian di Google.

0 comments

Post a Comment