Apakah Google Memiliki Spesifikasi Khusus Untuk Artikel yang di Index?

Apa iya mesin pencari mempunyai spesifikasi khusus untuk mengindex setiap artikel yang sudah di publish?


spesifikasi mesin pencari Google untuk index artikel

Pertanyaan yang bagus...
Google atau mesin pencari lainnya seperti bing dan yandex memiliki sebuah robot yang sering disebut "bot" atau lebih kerennya "webcrawler".

Webcrawler adalah sebuah robot mesin pencari yang di rancang untuk merayapi halaman-halaman pada sebuah website.

Kalau kamu kenal yang namanya Google Pinguin, Google Panda, sampai yang terbaru saat ini yaitu Google Fred. 

Hewan-hewan ini adalah robotnya Google yang punya spesifikasi tersendiri dan selalu merayapi halaman website kalau kamu mengizinkannya.

Lho, mengizinkannya?

Iya, jadi secara default website yang kamu buat selalu mengizinkan mereka untuk mantau atau merayapi halaman web / blog milikmu.

Kalau kamu merasa mempunyai sebuah halaman blog penting yang gak boleh ada di mesin pencari (seperti about, contact, search, archive, profil) silahkan baca cara agar sebuah halaman blog yang penting tidak ter-index Google.


Apakah Google mempunyai syarat tertentu untuk meng-index sebuah artikel?


Iya, Google atau mesin pencari memiliki sebuah Algoritma. Dimana ketika sebuah artikel di terbitkan oleh seorang blogger, maka mesin pencari akan menghitungnya secara sistematis.

Karena pada dasarnya bahasa pemrograman itu berawal dari bilangan binner.

Bilangan binner adalah jika tidak 0 berarti 1. Komputer hanya mengenali itu saja sebagai perantara bahasa antara manusia dengan perangkat canggih tersebut.

Maka dari itu, setiap beberapa kali dalam satu tahun, Google selalu memperbarui algoritma-nya. Menghilangkan bug, atau bahkan menambahkan kode-kode baru supaya artikel yang ada di halaman pertama benar-benar berkualitas.

Bagaimana caranya agar artikel berkualitas?

Sudah saya bahas pada postingan kemarin. Kalau kamu ingin blog menjadi berkualitas di mata Google ataupun di mata pengunjung, silahkan baca 4 panduan berikut ini:

Setiap robot (webcrawler) yang ada pada mesin pencari semuanya berbeda sifat, karena kode yang di rancang pasti berbeda dan memiliki tujuannya masing-masing.

Ada yang untuk meng-index artikel, ada yang untuk menghapus konten blog, dan lainnya.

Semoga terjawab sudah pertanyaan diatas...


Kesimpulan


Mesin pencari mempunyai kualifikasi khusus untuk setiap artikel yang di buat oleh seorang blogger. Kalau blogger tersebut bisa menerapkan teknik-teknik yang benar pada artikelnya, maka mesin pencari akan dengan mudah meng-index dan menaikan peringkat postingan tersebut.

Itulah spesifikasi Google dan mesin pencari lainnya, semuanya mempunyai keunikan masing-masing. Jadi teknik SEO kamu harus menyesuaikan yang!

Baca panduan ngeblog terbaru dari saya mulai dari [0 - 9].

0 comments

Post a Comment