Lakukan 8 Kegiatan ini Untuk Menunjang Kualitas Artikel Yang Anda Buat

Kamu pernah merasakan jenuh? Atau gak mendapatkan ide cemerlang saat ingin menulis sebuah artikel di blog?

Tenang,

Ada solusinya kok!


artikel berkualitas disukai pengunjung

Banyak blogger frustasi ketika kehilangan ide untuk menulis artikel, saya juga pernah lho...

Tapi berkat #8 kegiatan yang sering saya lakukan ini, ide-ide bermunculan dengan sangat cepat sehingga menulis artikel bukanlah hal yang sulit. Artikel menjadi lebih berkualitas dan secara otomatis jika artikel itu berkualitas, maka pengunjung akan lebih senang membaca berlama-lama.

Efeknya, mesin pencari Google akan lebih ramah mengenali blog tersebut.

Terbukti dari setiap artikel baru yang saya publish selalu muncul di Google dalam hitungan menit saja. Hal itu disebabkan karena saya selalu melakukan kegiatan-kegiatan ini untuk menunjang kualitas artikel yang saya buat.

berikut ini cara saya menunjang artikel berkualitas tinggi


1. Ngopi Pagi


Banyak blogger melupakan hal-hal penting seperti makan, minum dan berolahraga. Maka dari itu, minimal saya selalu menyempatkan diri untuk membuat artikel di pagi hari sambil di temani oleh secangkir kopi.
kopi - menunjang artikel yang berkualitas
Rasanya enak sekali...
(duh, malah seperti puisi yah?) he..he..

Karena kopi di percaya dapat menghilangkan stress (sama seperti merokok) "katanya".

2. Mandi Pagi


Karena semua kegiatan dimulai pada pagi hari, alangkah baiknya kamu coba mandi terlebih dulu. Karena mandi membuat tubuhmu segar, dan enggak bau! :D
mandi- menunjang artikel yang berkualitas
Setelah itu, cobalah duduk di depan layar monitor...
...tulis apapun yang mau kamu tuliskan di blog tapi harus sesuai dengan niche yah!

Pasti rasanya beda antara belum mandi dan udah mandi. Saya merasa kalau udah mandi, ide bermunculan banyak. Makanya saya selalu menulis artikel setiap hari.

3. Senam Pagi


Tenang, bukan senam yang formal kok!
senam - menunjang artikel yang berkualitas
Kalau masih gak ada ide, saya selalu melakukan senam pagi (senam ringan). Seperti:

  • menggerakan bahu ke depan - belakang
  • menggeleng-gelengkan kepala
  • merebahkan badan
  • menarik nafas panjang secara perlahan

Dengan begitu tubuh menjadi lebih relax, otak menjadi lebih fresh dan ide berdatangan. Jadi kamu tinggal menyaring aja mana ide yang akan di realisasikan melalui tulisan pada sebuah blog.

4. Berdikusi


Jangan lupa untuk selalu bertanya kepada kawan (bukan bertanya pada rumput yang bergoyang yah!). Kalau kamu coba berdiskusi dengan teman-teman, pasti selalu ada ide baru yang muncul.
diskusi - kegiatan blogger untuk menunjang artikel berkualitas
Kamu juga bisa menanyakan tentang ide yang kamu miliki ketika berdiskusi, sehingga nantinya artikel yang kamu buat lebih berkualitas. Anggap saja temanmu sebagai pengunjung blog, jadi kamu tau apakah artikel tersebut enak di baca, atau enggak menarik sama sekali.

Kasih tau teman dan keluargamu tentang artikel yang telah kamu buat, dan mintalah mereka untuk memberikan feedback supaya artikelmu berkualitas.

5. Membaca


Membaca adalah hal yang wajib bagi seorang blogger, entah itu sekedar membaca buku atau membaca sebuah artikel di internet.
membaca - meningkatkan kualitas artikel blog
Yang jelas kalau kamu sering membaca, nanti kamu bakalan tau mana artikel yang berkualitas dan mana artikel yang enggak berkualitas. Kalau kamu baca artikel di internet, minimal kamu pasti bisa menentukan bahasa penulisan yang baik sesuai dengan niche blog yang kamu punya.

6. Nonton Film


Memang kalau terlalu banyak nonton film bisa bikin bodoh, tapi kalau kita bisa selektif dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, menonton film bukanlah hal yang salah.
steve jobs movies - meningkatkan kualitas artikel blog
image source: imdb.com
Contohnya,

Ketika saya menonton film berjudul "JOBS" yang menceritakan kisah seseorang di balik berdirinya perusahaan "APPLE", saya mendapatkan inspirasi untuk menuliskan artikel "hal yang sering blogger lupakan".

Kenapa ide tersebut datang?

Saya ingat ketika seorang Steve Jobs (pendiri Apple) fokus terhadap apa yang ia kerjakan, beliau selalu lupa terhadap beberapa hal seperti: teman, makan, minum, istri, bahkan dirinya sendiri.

7. Bersemedi


Jangan salah sangka dulu!

Maksud saya bersemedi itu adalah mencari tempat sepi untuk menemukan sebuah ide. Misalnya, siang hari saya selalu pergi ke atas rumah untuk menikmati pemandangan sekitar.
bersemedi untuk menunjang kualitas artikel blog
Atau,

Saya pergi ke suatu tempat sejuk yang ada warungnya supaya bisa memesan secangkir kopi hangat. Contohnya, kalau di kota Bandung ada tempat yang namanya sindang geulis kahuripan, caringin tilu, lembang dan lainnya.

Cari tempat seperti itu di kota masing-masing. Ini merupakan kegiatan yang paling berpengaruh bagi saya, terutama untuk mendapatkan ratusan ide hanya dalam beberapa jam saja.

8. Berjalan Kaki


Kenapa berjalan kaki itu penting?

Ketika kamu nulis artikel di blog, sering kali mendapatkan kebuntuan. Itu disebabkan karena kamu terlalu lama duduk, darah nggak ngalir dengan sempurna ke setiap bagian tubuh. Jadinya fikiran terasa buntu, kaku, dan gak ada ide cemerlang yang datang.
berjalan kaki untuk mendapatkan ide yang fresh
Untuk menghindari hal tersebut, saya selalu berjalan kaki di sekitar rumah tanpa menggunakan sandal. Supaya aliran darah lebih lancar.

(kok saya malah jadi seperti dokter...)



KESIMPULAN


Untuk menunjang artikel berkualitas, semua blogger memiliki caranya masing-masing.

Tapi,

Dengan ke- 8 cara seperti diatas, selain mampu meningkatkan kualitas artikel, hal tersebut juga bisa membuat hidupmu lebih sehat dan kegiatan blogging menjadi lebih produktif.

Mana yang paling sering kamu lakukan?

0 comments

Post a Comment