Tutorial SEO Paling AMPUH 100% Untuk Pemula

Oke karena saya tidak suka basa basi, jadi langsung saja kepada inti pokok permasalahannya. Saya akan berikan sedikit pertanyaan untuk anda yang baru terjun ke dunia SEO.

tutorial seo untuk pemula

Apa definisi SEO menurut anda?
Jika anda belum bisa menjawab pertanyaan tersebut, baiklah saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai apa itu SEO. Anggap saja artikel ini adalah panduan pertama untuk pemula yang ingin belajar SEO.

Definisi SEO menurut Indobloghelper:


SEO adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menunjang posisi artikel pada mesin pencari tertentu di internet. Contohnya, ketika anda membuat sebuah artikel berjudul "Tutorial SEO Terbaru 2017" dan menduduki posisi di halaman ke- 3 Google, maka dengan menggunakan SEO posisi artikel tersebut berkemungkinan berubah.

TAPI INGAT! 78% kemungkinan artikel anda merosot JIKA menggunakan cara SEO yang salah.

Maka dari itu, jangan berpaling dulu dari artikel ini. Banyak artikel-artikel diluar sana yang memberikan tutorial sesat mengenai teknik SEO. Bukannya pagerank naik malah melorot jauh ke halaman belakang. Jangan sampai itu terjadi kepada anda!

Oke, apakah sekarang anda sudah faham mengenai definisi SEO? Anggaplah anda sudah mengerti, mari kita lanjutkan tutorial SEO paling ampuh ini untuk pemula atau untuk anda yang baru terjun ke dunia blogging.

SEO berbeda dengan backlink, biasanya banyak orang-orang yang tidak mau susah menggunakan jasa tembak backlink atau tembak URL yang berakhir dengan pemblokiran akun masal.



Abaikan backlink, karena kita sekarang akan fokus kepada teknik SEO yang baik dan benar. Beberapa syarat yang harus anda miliki sebelum menerapkan teknik SEO adalah sebagai berikut:
  • mempunyai blog (gratis ataupun berbayar)
  • mempunyai beberapa judul artikel yang akan diposting
  • menyiapkan keyword
  • mempunyai gambar berkualitas

Setelah memiliki ke 4 komponen diatas, sekarang saatnya anda praktikan...

Oh iya, saya lupa... SEO sebenarnya terbagi 2, SEO Onpage dan SEO Offpage. Tapi saya tidak merekomendasikan anda untuk menghafal keduanya. Yang akan kita lakukan sekarang adalah inti dari optimasi SEO.


seo blog terbaru paling ampuh

1. Menentukan judul artikel


Dalam menentukan judul artikel harus mengandung unsur trigger atau kata-kata yang memicu agar pengunjung melakukan klik terhadap artikel tersebut. Jika tidak, maka anda menghilangkan 80% calon pengunjung.

Karena judul artikel merupakan komponen utama yang dilihat oleh pengunjung blog, jika tidak menarik maka mereka akan menutup blog anda dan beralih ke halaman lain atau bahkan blog lain. Menyedihkan bukan?

Contoh judul yang mengandung trigger kira-kira seperti berikut:
  1. "Awas! Ini bahaya jika anda memegang HP sebelum tidur"
  2. "AMAZING! Dengan uang 500rb, Nenek ini bisa...."

Kurang lebih seperti itu judul yang mengandung trigger. Anda bisa explorasi lebih dalam lagi jika sudah memiliki judul artikelnya.


2. Menanamkan keyword (kata kunci)


Setelah menentukan judul yang tepat dengan menggunakan teknik diatas, hal selanjutnya adalah menanamkan kata kunci supaya artikel anda menjadi SEO friendly.

Dimana sebaiknya kata kunci itu disimpan?

Saya sendiri menaruhnya secara acak, terkadang di paragraf awal, terkadang di setiap paragraf dan kadang pula hanya di akhir paragraf. Tetapi setelah saya analisa, tempat menaruh kata kunci kunci yang terbaik adalah di paragraf awal.

Bagaimana dengan paragraf-paragraf selanjutnya? 

Jangan terlalu banyak memasukan kata kunci yang sama pada 1 artikel. Untuk paragraf berikutnya anda perlu menanamkan "long tail keyword" atau keyword turunan.

Maksudnya, kata kunci utama yang sudah anda miliki di explorasi lagi menjadi kata kunci yang lebih panjang sehingga nilainya berbeda dengan keyword utama.


3. Menyisipkan ragam elemen


Jangan pusing dulu, ini tutorial SEO terakhir yang paling simpel dan ampuh. Jika anda perhatikan setiap artikel yang saya buat selalu memiliki ragam format text. Contohnya, artikel "A" didalamnya terdapat berbagai elemen atau format text seperti:
  • font cetak tebal
  • font italic
  • heading dan subheading
  • bullet list, number list
  • font color
  • font size
  • quote

Supaya artikel anda ada di halaman depan Google, maka elemen-elemen diatas harus ada. Karena dengan hal tersebut membuktikan bahwa konten yang anda buat sangat readable, user friendly dan berkualitas.

Semakin lengkap elemen text yang anda gunakan, semakin baik pula kualitas SEO artikel tersebut.




Tak terasa tulisan saya mungkin sudah lebih dari seribu kata. Tutorial SEO diatas merupakan cara yang paling ampuh untuk pemula berdasarkan pengalaman saya sendiri. Beberapa artikel saya berhasil mencapai posisi #1 di Google.

Lakukan sekarang juga, jangan buang waktu anda untuk membuat artikel yang tidak ada pengunjungnya. SEO (Search Engine Optimization) akan membantu mengatasi masalah atas minim-nya user yang berkunjung ke blog anda.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. jon303 agen resmi pragmatic online terbaik, aman dan terpercaya. banyak game menarik yang bisa anda mainkan seperti bola, slot, casino, dan poker. bergabung bersama kami, anda akan mendapatkan bonus seperti :
    - Bonus New Member
    - Bonus Registrasi
    - Bonus Referral
    - Bonus Deposit
    - Bonus Cashback
    - Bonus event menarik lainnya

    Ayo segera daftarkan diri kalian dan mainkan game nya. Dapatkan Hadiah Jackpot jutaan rupiah cukup dengan bermain di situs kami

    ReplyDelete