#7 Kesalahan Umum yang Sering di Lakukan Blogger Pemula

Banyak blogger pemula melakukan kesalahan yang gak di sadari sehingga menyebabkan blognya gak pernah muncul di Google, atau bahkan gak punya pengunjung tetap. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

kesalahan blogger pemula dalam mengelola blog


Karena kamu belum membaca artikel saya ini...

Tenang...
...kamu coba relax aja, saya bakalan kasih tau apa aja yang biasa menjadi kesalahan seorang blogger pemula.

TAPI,

sebelum memulai lebih jauh dan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, mari kita simak dulu sedikit mengenai peluang sukses menjadi seorang blogger. Hal ini untuk memotivasi kamu, supaya bisa fokus untuk ngeblog lebih baik.

Baca Artikel: Memilih Bahasa Penulisan Artikel Yang Tepat dan Sesuai Dengan Niche Blog Yang Kamu Punya

PARA BLOGGER SUKSES DUNIA

1. Linda Ikeji

Adalah seorang blogger asal negara dengan bahasa terbanyak keempat di dunia —Nigeria. Dia menghasilkan uang melalui blog dengan niche general-nya yaitu lindaikejisblog.

penghasilan linda ikeji 2017

Beliau memiliki penghasilan lebih dari 138 JUTA pada tahun 2017 hanya dari blognya. Banyak perusahaan yang mengiklan di blognya karena rata-rata pageview per hari dari blog Linda Ikeji mencapai hingga 1.500.000 PV, sehingga dia mendapatkan penghasilan yang terus meningkat.

2. Maxmanroe

Blogger asal indonesia ini mempunyai penghasilan hingga 50 JUTA per bulannya, data tersebut saya kutip dari beberapa sumber yang tersebar di internet.

penghasilan blog maxmanroe indonesia


Jumlah pengunjung yang mampir setiap harinya mencapai hingga 500.000 VISITOR. WOW!

Setelah mengetahui kisah sukses dari ke-2 blogger tersebut, sekarang kamu lebih tertarik untuk lanjut ngeblog kan? Kamu jadi tau kan peluang sukses dari ngeblog itu seperti apa?

Kamu baca artikel saya ini karena gak mau menjadi seorang blogger yang GAGAL, betul?



Kini saatnya kamu tau letak kesalahan seorang blogger pemula dalam mengelola blognya, baik itu cara dia memposting ataupun hal lainnya.

Kenapa blogger Indonesia banyak yang tumbang? Padahal data menunjukan,

Tahun 2008 ada sekitar 500 ribu blogger yang aktif, lalu pada tahun 2011 bertambah menjadi 5 juta blogger aktif —data statistik blogger Indonesia.

Apalagi di tahun 2017...
Sekitar 70% blogger Indonesia gagal karena beberapa hal ini.

Kesalahan umum yang di lakukan blogger pemula:


1. Membuat banyak blog

Kenapa hal ini menjadi kesalahan seorang blogger pemula? Karena dengan membuat banyak blog, menyebabkan sulitnya membagi waktu antara mengelola blog "A" atau blog "B" atau bahkan blog "Z". Harusnya kamu petik dari pengalaman Linda Ikejis yang memiliki 1 buah blog dan di kelola dengan sangat baik.

Terbukti dari jumlah postingannya yang sangat banyak, bahkan ada ribuan artikel.

2. Sering Ganti Template / Theme blog

Apakah kamu termasuk blogger yang seperti ini? Hentikan kegiatan mengganti template sekarang juga! Gak ngefek loh kalau kamu terus-terusan gonta-ganti template blog. Lebih baik waktu yang ada di gunakan untuk membuat sebuah artikel.

Rata-rata orang mengulik template sampai seharian. Dulu saya juga begitu, tapi sekarang saya sadari kesalahan tersebut, andai saja kala itu saya lebih fokus terhadap kontennya, pasti saya bisa lebih cepat sukses.

3. Money Oriented

Kalau kamu memutuskan untuk mencari uang dari blog, kamu harus benar-benar mengetahui resikonya. Mencari uang di blog bukan perkara yang mudah, butuh waktu yang panjang hingga blognya berhasil di monetize.

Untuk awal mula, usahakan fokus saja terhadap konten apa yang akan kamu suguhkan. Dan seberapa tinggi kualitas konten tersebut.

4. Sering Membaca Tapi Gak Menulis

Kesalahan blogger pemula yang menurut saya fatal adalah terlalu sering baca artikel di internet tanpa implementasi. Jadi kalau kamu sering baca-baca tapi gak pernah nulis artikel, kamu gak bakalan pernah maju.

Memang ada baiknya kita baca, mau itu lewat buku ataupun media lainnya seperti internet. Tapi biasanya blogger pemula lebih sibuk baca-baca artikel daripada sibuk menulis kontennya sendiri.

5. Gak Konsisten

Saya rasa kamu sudah tau bahwa konsistensi itu penting sekali. Blogger pemula biasanya konsisten di bulan pertama, tapi ketika masuk bulan ke 2 biasanya rasa malas mulai muncul, sehingga menyebabkan hilangnya konsistensi ngeblog.

6. Menulis Artikel Gak Relevan dan Terlalu Panjang 

Banyak blogger pemula yang menulis artikel hingga lebih dari 1000 kata panjangnya. Karena mereka mencari nilai SEO yang tinggi supaya artikelnya di harapkan bisa menduduki peringkat (Pagerank #1) di mesin pencari Google.

Padahal, cara tersebut salah!

Google tau mana artikel yang relevan dan mana yang gak relevan. Mesin pencari menyukai artikel yang sesuai dengan konten, tujuan konten tersebut, dan kepuasan pengunjung.

Jadi percuma kalau kamu buat artikel panjang-panjang, tapi pengunjung gak suka sama itu. Bisa-bisa hal tersebut di anggap spam oleh webcrawler.


7. Terlalu Berfikir Takut


Biasanya karena blogger pemula terlalu sering membaca seperti yang tadi saya bilang, dia takut untuk memposting artikel. Hal tersebut terjadi karena peraturan-peraturan tentang ngeblog yang tersebar di internet membuat seorang blogger banyak berfikir.

Padahal, pakar SEO Google "Matt Cutts" menyatakan,

Menulislah seperti apa adanya, jangan terpaku peraturan ataupun SEO. Karena Google menyukai artikel yang disukai oleh manusia, bukan bahasa robot.

Mungkin maksud simpelnya seperti ini:

Kalau kamu membuat artikel untuk disukai mesin pencari, itu salah!
Buatlah artikel untuk disukai manusia.




KESIMPULAN

Hindari 7 kesalahan blogger pemula tersebut supaya aktifitas blog kamu lebih produktif dan gak buang waktu. Apa yang saya berikan ini sesuai dengan pengalaman pribadi. Saya gak mau waktu kamu terbuang sia-sia seperti apa yang saya alami selama ini.

Fokuslah menulis konten menarik, unik dan mengalir gak seperti robot.

Cari apa yang kamu suka dan jadikanlah hal tersebut sebagai niche blogmu, tapi ingat! Jangan pernah memilih niche yang dilarang untuk seorang blogger pemula.

Apakah kamu pernah melakukan kesalahan-kesalahan diatas? Bagaimana sekarang yang kamu rasakan? Ingin mencoba memperbaikinya? Tanyakan apapun pada kolom komentar terkait hal-hal tersebut, saya akan ada untuk kamu 24 jam.

2 comments:

  1. makasih banyak IBH, kontennya sungguh fresh dan berbeda dari yang pernah saya baca di artikel2 lain.

    di tunggu update lainnya!

    ReplyDelete
  2. Makasih gan, singkat padat dan jelas.

    ReplyDelete