Jangan Pilih 6 Niche Blog ini Jika Anda Baru Memulai Blogging

Beberapa orang yang memulai ngeblog rata-rata dibuat bingung karena adanya NICHE, "Apakah niche yang cocok untuk saya?" atau "Niche apa yang tidak baik?" Menjadi sebuah pertanyaan yang sering saya jumpai di berbagai forum.

niche blog yang tidak baik

Termasuk juga pengunjung IBH yang mengirimkan email ke saya untuk membahas mengenai niche blog yang paling cocok.

Dasar-dasar memilih niche bisa kamu dapatkan disini, tapi sebelum beranjak lebih jauh, kamu harus tau dulu NICHE YANG DILARANG untuk orang yang baru memulai blogging.

TAPI,

Bagaimana jika kamu belum tau apa itu niche?

Sebentar, akan saya jelaskan sedikit mengenai niche dalam 1 paragraf saja.

PENGERTIAN NICHE

Adalah sebuah bidang khusus atau tema konten yang ada pada sebuah blog (kalau di dunia film disebut "genre") Contohnya, blog saya ini adalah niche blogging tips atau tutorial blogging.


Sudah, cuma segitu kok!

Kalau ingin belajar lebih banyak tentang niche dan jenis-jenisnya, silahkan tonton video 2 menit ini dari master Google.


Berikut ini daftar (list) niche yang jangan kamu pilih:

1. NICHE Tutorial Blogging


Niche yang seperti saya ini jangan di pilih ya! Kenapa?

  • Pertama kamu harus benar-benar mengenal dunia blogging terlebih dahulu
  • kedua kamu harus siap mengambil resiko atas apa yang kamu share mengenai tutorial yang kamu berikan di internet.

Rata-rata blogger yang memilih niche ini sudah mempunyai blog dengan umur lebih dari 2 tahun. Jujur, saya ngeblog baru mulai 9 tahun lalu, sebentar kan? :D

Pengalaman dan kisah tragis saya dalam dunia blogging saya jadikan sebuah serial bernama:
"Rollback series" yang sedang saya kelola.

EPISODE #1 - PUNYA 25 NICHE BLOG
EPISODE #2 - COMING SOON

Baca juga: Seorang Blogger Pemula Biasanya Melakukan #7 Kesalahan Fatal ini

2. NICHE Download


Yang dilarang berikutnya adalah niche download, karena saya fikir kamu gak akan mendapatkan sensasi atau pengalaman yang lebih interaktif dengan membuat blog sejenis ini.

Lagian kalau kamu pake platform blogger.com, Google kurang menyukai niche download. Banyak teman-teman saya yang kena banned mesin pencari sehingga mereka pindah menggunakan hostingan berbayar. (mesin pencari mempunyai spesifikasi khusus untuk sebuah postingan)

Walaupun niche blog download termasuk ke dalam niche blog yang paling ramai dikunjungi, tetapi ini benar-benar beresiko. Kamu harus tau lebih lanjut dan belajar dari pakarnya langsung (saya enggak termasuk, lho!).

3. NICHE Wallpaper


Ini yang paling berbahaya selain blog download, karena lebih banyak kasus banned dari niche blog wallpaper. Kalau kamu gak faham, mari saya jelaskan sedikit saja:

Niche wallpaper adalah blog yang kontennya hanya meliputi gambar-gambar untuk di download. Karena mengandung text yang sedikit, Google menganggap ini sebuah spam. Maka banyak blogger wallpaper tumbang jika menggunakan platform blog gratisan.

Tapi di luar negeri, niche ini sangat menjadi primadona kalangan blogger karena niche wallpaper termasuk ke dalam jenis blog yang paling banyak dicari.


4. NICHE Profil Pribadi


Kalau kamu pengen nambah ilmu, nambah wawasan dan skill menulis, maka jangan pilih niche blog ini. Banyak blogger pemula yang memutuskan untuk menggunakan static pages yang berisikan hanya sebuah profil pribadi.

Google menganggap hal ini kurang informatif, sehingga susah untuk terindex di mesin pencari.

5. NICHE Biodata Artis


Blogger pemula jangan memilih niche ini karena saya jamin kemampuan ngeblognya gak akan berkembang. Apa kamu tahu niche ini memiliki tingkat duplikasi konten yang lebih dari 90%?

Maksudnya bagaimana?

Semua biodata artis itu kan selalu sama, gak mungkin artis "A" mempunyai banyak biodata dengan keterangan berbeda. Sehingga hal ini membuat blogger dengan niche biodata artis untuk COPAS dari sumber-sumber yang ada di internet tanpa mencantumkan source-nya.

bahkan kalau sumbernya gak punya kredibelitas, maka berimbas sangat buruk untuk blog yang kamu miliki.

6. NICHE Portal Berita


Yang paling sulit menurut saya adalah niche blog portal berita. Karena kalau kamu sendiri yang mengurusnya, bakalan keteteran. Sedangkan kita tau bahwa berita harus selalu update setiap hari —bahkan setiap beberapa jam sekali.

Kontennya harus relevan dan informatif. Biasanya niche blog portal berita memiliki banyak anggota atau penulis, gak lupa juga seorang jurnalis.

Biasanya blogger memilih niche ini untuk mendapatkan uang, kenapa? Karena portal berita online termasuk niche blog yang bagus untuk Adsense (Google adsense).


SECUIL TIPS


Pilihlah niche yang sesuai dengan kemampuan kamu, kalau kamu merasa belum mempunyai hal tersebut maka pilihlah niche random, atau baca postingan yang pernah saya bahas tentang cara memilih niche blog yang cocok dan sesuai.

Niche random adalah sebuah blog yang berisi konten-konten acak, apa saja boleh kamu posting di blog tersebut. Tetapi blog dengan niche random mempunyai beberapa kelemahan. Akan saya bahas pada artikel lainnya mengenai hal ini lebih lanjut.

Jadi apakah kamu masih mau memilih ke-6 NICHE blog yang tidak baik seperti diatas? Kalau iya, berikan komentar kenapa kamu pilih niche tersebut dibawah sini yah!

10 comments:

  1. tadinya saya mau pilih niche wallpaper, tp setelah baca artikel IBH, saya mengundurkan diri ahahaha

    thanks inspiratif bgt!

    ReplyDelete
  2. saya di niche download gan, dan lagi stop dlu karena memang menyeramkan seperti apa yang ente bilagn!

    ehehheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk niche download, pertama mas harus punya modal seperti VPS / server dedicated, kedua koneksi internet harus mumpuni. Kecuali mas mau pake cara RE-UPLOAD. ke 2 hal tersebut gak akan jadi masalah.

      silahkan di baca-baca lagi artikel saya ya mas :)
      makasih loh udah berkunjung

      Delete
  3. Sudah banyak yang main di niche blog ya mas.... dirimu dah lebih lama dari saya nih. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomong2 mas febry dah brp lama?

      saya udah 30 blog lebih saat ini yang di kelola hanya 70% nya aja.
      termasuk ini, karena dari 30 blog tersebut saya jadi bisa menyimpulkan sesuatu.

      Delete
  4. kalau niche tentang android bagaimana gan menurut agan2 disini,,saya pemula, ngurus satu blog aja kadang masih bimbang apa yang harus saya tulis,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. niche android sangat bagus mas haffid prospeknya.

      toh android itu semakin lama semakin banyak penggunanya, malahan google ada algoritma baru tentang "mobile first index" jadi saya rasa sangat bagus untuk bahas android

      Delete
  5. Gan, kalo saya awalnya niche blogging, tapi saya tambah unsur2 teknologi. Trs kalau saya daftar adsense, bakal keterima ga gan?

    Nih Blog saya GIS Infomedia,

    ReplyDelete
  6. Nitip link min, bagi kamu yang suka hal teknologi dan dunia cyber crime (peretasan) bisa dikunjungi eksploitech.my.id

    ReplyDelete