Tips Memilih Bahasa Penulisan Artikel Sesuai Niche Blog

Memilih bahasa penulisan artikel blog yang baik akan menciptakan sebuah keindahan, mesin pencari lebih menyukai tulisan yang rapih, begitu juga pengunjung blog kamu.

tips menulis artikel sesuai niche

Apakah kamu tega membiarkan pengunjung membaca setiap kalimat-kalimat yang kamu buat tanpa menggunakan pemilihan bahasa yang tepat?

Pernahkah kamu perhatikan bahwa blog-blog ternama memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap penulisan artikelnya? Mereka memilih bahasa yang   sehingga pengunjung selalu kembali lagi untuk membaca di blog tersebut.

Jadi, bahasa yang terdapat pada sebuah artikel dari blog dengan niche tertentu sangat menentukan nilai konversi returning visitor.

Baca juga: #7 Kesalahan Umum Blogger Pemula sehingga Blognya Susah di Kenal 

Sebelum saya memberikan tips menulis artikel sesuai dengan niche, ada baiknya jika kamu tau terlebih dahulu mengenai jenis bahasa penulisannya.

JENIS BAHASA PENULISAN ARTIKEL


Ada beragam jenis bahasa yang bisa kamu gunakan, diantaranya:
  • Gaya bahasa resmi
  • Gaya bahasa tidak resmi
  • Gaya bahasa sederhana
  • Gaya bahasa kiasan
  • Gaya bahasa retorika

Sebenarnya ada lebih banyak dari itu, tapi karena saya bukan blogger sastra maka kita SKIP aja :D

Yang mana yang saya gunakan?

Saya menggabungkan antara bahasa resmi dan tidak resmi dengan perbandingan 50:50 sehingga bisa di bilang bahwa saya menggunakan bahasa sederhana.


Kenapa harus memilih bahasa dalam menulis artikel?


Untuk mengejar user friendly, maka sebagai blogger harus menentukan bahasa artikel yang sesuai dengan niche blog. Dengan begitu, kamu bakalan mudah menggaet pengunjung untuk selalu membaca artikel-artikel terbaru yang kamu buat.

Ingat! Google memiliki spesifikasi khusus untuk sebuah postingan, beberapa parameternya di ukur dari lama pengunjung membaca artikel tersebut, sehingga Google dapat menyatakan mana artikel berkualitas yang layak mendapatkan pagerank #1 di mesin pencarinya.

Kamu harus simak tips memilih bahasa penulisan artikel untuk blog berikut ini:

  • Tentukan target: dengan menentukan range target pengunjung kamu, maka gak akan sulit memilih bahasa yang di pakai. Sesuaikan dengan range usia targetmu itu, jika targetnya usia 13-25 maka kamu pilih bahasa sederhana —seperti saya ini.
  • Mana yang kamu kuasai: kalau kamu bingung bahasa apa yang cocok untuk niche blog, pilihlah bahasa yang kamu kuasai betul-betul.
  • Lihat blog dengan niche yang sama: perhatikan blog lain dengan niche yang sama, jenis bahasa apa yang mereka gunakan. Kamu bisa sedikit mendapatkan pencerahan dengan sering membaca blog-blog lain.

Tips menulis artikel sesuai niche blog yang kamu usung:

  1. Lupakan SEO
  2. Menulis sesuai apa yang pernah kamu tulis sebelumnya
  3. Lihat blog lain dengan niche yang sama
  4. Baca artikel dari blog-blog ternama
  5. Fokus dan ingat niche sendiri

Mudah bukan? dengan tips menulis artikel sesuai niche blog maka pengunjung akan lebih nyaman membaca setiap artikel yang kamu buat, juga bisa membuat rate returning visitor menaik drastis.

Mana bahasa yang paling cocok untuk blogmu? kasih tau saya di kolom komentar ya! :)


0 comments

Post a Comment