Luangkan 10 Menit untuk Optimasi Artikel Blog Yang Sudah di Publish

Setelah menulis artikel dengan baik, apa yang harus dilakukan ketika sudah menerbitkan artikel baru? Membiarkan postingan tersebut? Tentu aja enggak!

optimasi artikel blog baru

Ada cara-cara optimasi yang harus dilakukan seorang blogger untuk membuat artikelnya menjadi lebih berkualitas, baik di mata pengunjung ataupun pada mesin pencari.

Masalahnya adalah,

Kebanyakan blogger Indonesia terlalu cuek, hanya 2 dari 10 blogger yang tau persis cara optimasi artikel blog yang baik dan benar. Sehingga menghiraukan artikel yang sudah di publish tersebut dengan harapan dapat menduduki peringkat pertama di mesin pencari.

Setelah membaca tips optimasi ini, artikel blogmu bisa menjadi lebih berkualitas.

Apa bener optimasinya cuma 10 menit?

Iya! Maka dari itu, baca tahapannya...
...Jangan sampai ada yang kelewat ya!

Membaca artikel dengan suara keras


Kenapa kamu harus membacanya dengan suara keras? (maksud keras disini adalah tidak membaca di dalam hati).

Karena untuk menghindari kata-kata yang salah (typo).

Postingan blog yang baru harus di optimasi lagi lewat cara ini. Dengan membaca artikel tersebut berulang-ulang, kamu jadi tau dimana letak kesalahan sebuah kata atau suatu kalimat dan menyusunnya menjadi lebih baik.

Dan juga...

Jangan lupa perhatikan setiap kalimat yang ada, apa udah enak di baca atau masih rancu? Karena kamu harus membuat artikel yang enak di baca oleh manusia, bukan mesin pencari.

ANALOGI

Begini, ibaratnya saya berkunjung ke blognya "Budi". Ketika pertama saya buka artikelnya Budi, banyak kesalahan yang terdapat pada tiap paragraf yang Budi buat. Sehingga saya menyimpulkan bahwa artikel Budi itu hanya main-main, gak serius dan bisa aja HOAX. Lalu saya pergi dan gak mau lagi berkunjung ke blog Budi.

Seperti itulah kira-kira jika kamu gak membaca ulang artikel yang udah di buat, sehingga banyak kata yang salah, pengunjung pun kabur...

Mesin pencari bakalan menyesuaikan tulisan-tulisan tersebut sesuai dengan minat pembaca. Kalau pengunjung baru membuka halaman blogmu, lalu dalam 2 detik kemudian dia menutup halaman tersebut maka artinya artikel kamu enggak menarik.

Mesin pencari mengetahui apa yang menjadi kesukaan pengunjung. Maka dari itu, kalau kamu sendiri gak baca artikel yang sudah di publish tersebut, bisa berdampak buruk untuk pengunjung ataupun mesin pencari. Karena mereka selalu berkaitan.


Buang keyword yang enggak relevan


Jangan terlalu berfikir keras terhadap kata kunci. Nanti yang ada kalimat-kalimatnya jadi gak bener, apalagi memaksakan menempatkan "long tail keyword" tanpa memikirkan kenyamanan pembaca.

Buang keyword yang gak relevan dengan konten artikel yang kamu buat. Cukup unggulkan 1 keyword saja dan jangan terlalu di repetisi (ulang-ulang).

Contoh artikel dengan keyword: "optimasi blog terbaru"
lihat paragraf berikut ini:

contoh keyword berlebihan di dalam suatu artikel

Perhatikan kata-kata yang saya cetak tebal, itu adalah keyword dari paragraf di atas yang mengandung repetisi berlebihan. Mesin pencari gak suka artikel yang seperti itu, apalagi sekarang kita tau algoritma Google yang baru yaitu "Google Fred" sangat sensitif dalam hal SEO.

Jadi, hindari keyword yang berlebihan di dalam 1 artikel dan buang keyword yang gak relevan.


Share di berbagai forum & media sosial


Setelah mengecek bahasa penulisan artikel dan membuang keyword yang gak relevan, tahap berikutnya adalah melakukan "content marketing" berupa share di berbagai media sosial seperti:


Kenapa berbagi artikel yang telah di publish itu penting?

Karena dengan nge-share artikel di forum dan sosial media, pengunjung akan bertambah. Simpelnya sih seperti itu.

Tapi, apakah cara ini signifikan?

Supaya kamu percaya, berikut ini screenshot hasil yang di dapatkan setelah artikel di share.

optimasi artikel blog yang sudah di publish
1,632 PV

Gimana menurut kamu? Apakah cukup signifikan? Tentu saja, yang tadinya pageview perhari hanya 200 sampai 300 view, setelah di share bertambah hingga 130%.

Apa ada cara lainnya yang lebih powerful untuk melakukan optimasi setelah artikel di publish?

Banyak...

Tapi, dengan cara yang sudah saya berikan diatas, dalam waktu 10 menit artikelmu akan menjadi lebih berkualitas.

Komponen apa saja yang menjadi lebih baik?
  • Penulisan: gak ada lagi kata yang salah, karena di point pertama tadi sudah kita singgung dengan cara membaca artikel secara keras.
  • Keyword: aman dari bahaya karena gak mengandung repetisi keyword yang berlebihan, ingat kan bahwa Google menyukai artikel yang disukai pengunjung? Seperti yang kita bahas pada point ke 2.
  • Pengunjung: mendapatkan banyak pengunjung setelah melakukan optimasi point ke 3 untuk artikel blog yang sudah di terbitkan.

Jadi, semua cara tersebut sangat menguntungkan.

Apalagi yang kamu tunggu? Silahkan coba ke- 3 optimasi artikel blog diatas, lalu share dengan saya melalui komentar atas hasil yang kamu dapatkan.

4 comments:

  1. kalau pengunjung yang berasal dari sosmed apakah efektif gan ??? maksud saya apakah berpengaruh pada SERP nanti???

    ReplyDelete
    Replies
    1. berpengaruh mas Agus, nantinya karena banyak yang berkunjung dari sosmed, itu akan masuk ke statistik di Google analytic dan juga webcrawler bakalan gampang ngenalin post tersebut.

      tapi ingat, kalau mas Agus pake adsense, ini agak sedikit berbahaya terutama kalau lagi masa review

      Delete
  2. kok saya ngeshare ngga sampe naik drastis gitu ya? apa karena di google plus saya temannya sedikit?

    ReplyDelete
  3. siap gan segera dipraktekkan
    thanks, soalnya ini blog saya lagi turun visitornya :(

    ReplyDelete